Labor Komputer






NAMA KELOMPOK :

1. NOVA LESTARI SANTI
2. MUTIARA HANIFAH ASRI
3. PUTRI MUNAWAROH
4. PUTRI HISANAH HANUN
5. RIZKIA PUTRI
6. PUTRI SHERLY SYAHROVI






Perkembangan teknologi yang memungkinkan untuk memperoleh informasi yang banyak dan cepat serta mudah dari berbagai belahan dunia. Karena itu diperlukan kemampuan cara mendapatkan, memilih dan mengelola produk teknologi informasi secara mudah diterapkan pada peserta didik.
Seperti diketahui bersama, bahwa mata pelajaran TIK tidak lagi sebagai mata pelajaran dalam struktur kurikulum 2013, baik untuk jenjang SMP-SMA, maupun SD. Beberapa alasan mengapa TIK hilang dari Kurikulum 2013 oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (WAMEN) bidang Pendidikan dan Perwakilan PUSKUR (Pusat Kurikulum dan Perbukuan) diantaranya (kusumah, 2014): (1). Anak TK dan SD saja sudah bisa internetan. (2). TIK bisa integratif (terintegrasi) dengan mata pelajaran lain. (3). Pembelajaran sudah seharusnya berbasis TIK (alat bantu guru dalam mengajar), bukan TIK sebagai mata pelajaran khusus yang harus diajarkan. (4). Jika TIK masuk struktur kurikulum nasional maka pemerintah berkewajiban menyediakan Laboratorium Komputer untuk seluruh sekolah di Indonesia, dan pemerintah tidak sanggup untuk mengadakannya (5). Banyak sekolah yang belum teraliri LISTRIK, jadi TIK tidak akan bisa diajarkan juga disekolah.
Dihapusnya mata pelajaran TIK dari struktur kurikulum 2013 akan berdampak kepada penjajahan dalam penggunaan software komputer bagi sekolah-sekolah di Indonesia.Pada fakta singkat (kronologi) yang dimulai dengan masuknya TIK sebagai mata pelajaran wajib di kurikulum 2004 (KBK) dan kurikulum 2006 (KTSP), Deklarasi IGOS dan Perkembangannya.Teknologi Informasi dan Komunikasi di dalam kurikulum sekolah, akan membantu siswa untuk belajar teknologi informasi dan teknologi komunikasi, dan menggunakan segala potensi yang ada untuk pengembangan kemampuan diri.
Perkembangan informasi dan teknologi saat ini, mewajibkan semua kalangan untuk mengikutinya termasuk pelajar SD – SMA sederajat. Oleh karena itu pihak sekolah harus menyediakan laboratorium komputer untuk mengikuti perkembangannya.Ilmu pengetahuan dan teknologi seharusnya menjadi hal yang tidak terpisahkan dari sekolah. Fasilitas laboratorium komputer menjadi peranan yang sangat penting untuk meningkatkan kuwalitas pendidikan siswa di sekolah.
Menurut widodo (dalam Sumatera ekspres, 2014/10/08; 2) Laboratorium komputer sangat penting, supaya dapat mencari sumber-sumber pelajaran lain dan dapat mengopersaikan komputer khususnya untuk sekolah yang berada dikawasan terpencil.
Saat ini fasilitas laboratorium sekolah tidak merata masih banyak sekolah yang memiliki fasilitas sekolah tidak memenuhi standar, bahkan ada beberapa sekolah yang tidak memiliki saranan dan prasarana laboratorium komputer sekolah sama sekali, Ali (2010). Terkait perbedaan itu, tingkat kemampuan manajemen sekolah antara yang satu dengan yang lainnya. Adanya perbedaan kemampuan manajemen sekolah yang perlu dibedakan dalam perlakuan berimplikasi terhadap dukungan pemerintah agar sekolah yang bersangkutan dapat menerapkan sistem baru. Dengan pertimbangan perbedaan kemampuan sekolah tersebut maka pemerinta daerah berkewajiban melakukan upaya-upaya pemberdayaan bagi sekolah yang berkemampuan manajemen kurang. Sehinggah sarana dan prasarana laboratorium komputer sekolah secara bertahap dapat terpenuhi.
Sarana komputer yang memadai dan bermutu sebagai salah satu komponen yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Karena dengan sarana pendidikan yang lengkap dan bermutu kualitas pembelajaran akan semakin baik, dan motivasi belajar siswa akan meningkat. Hal itu akan berakibat meningkatnya daya serap yang pada akhirnya akan berpengaruh pada peningkatan mutu pendidikan,Daryani(2008).
penggunaankomputer dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru,membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar ,dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa. jika komputer di sambungkan dengan internet maka siswa dengan mudah mencarai informasi tentang tugas-tugas siswa dan sebagai sumber tambahan pelajaran yang belum di mengerti di sekolah.

.

Komentar